Berita

Upacara HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di LPMP Sulawesi Selatan

 

Upacara bendera dilaksanakan di seluruh penjuru nusantara di negara kita tercinta, Kamis pagi (17/8/17). Suka cita dirasakan oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), berbagai macam kegiatan dan perlombaan dilakukan untuk menyambut hari yang bersejarah, hari yang mengingatkan kita untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan RI yang telah kita rasakan sampai hari ini.   

LPMP Sulawesi Selatan pun tidak ketinggalan melaksanakan upacara bendera di halaman kantor yang dihadiri oleh seluruh staf pns dan non pns, pejabat struktural dan fungsional, Guru PAUD binaan LPMP serta ibu dharmawanita LPMP Sulawesi Selatan, seluruh peserta diwajibkan untuk mengenakan baju adat daerah masing-masing dalam norma kesopanan. Selaku pembina upacara Kepala Bagian Umum, Drs. Suardi B., M.Pd membacakan pidato seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam teks pidato Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pentingnya pendidikan karakter sejak dini melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) disertai pemerataan pendidikan yang berkualitas agar menjangkau daerah-daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), dan Gerakan Literasi Nasional dalam mempercepat pembangunan reformasi pendidikan yang merata dan berkualitas. Sesuai amanah presiden, Joko Widodo menyatakan bahwa kita harus bergerak cepat mengejar ketertinggalan. Perubahan yang cepat harus direspon dengan penyesuaian-penyesuaian yang dinamis. Bergerak lamban saja kita akan ditinggalkan, apalagi terdiam dan mundur. Tidak ada pilihan lain selain bergerak maju.

 

Bapak Muhadjir juga mengajak kita untuk menghayati konsep Trihayu Ki Hadjar Dewantara yaitu “Memayu Hayuning Sarira, Memayu Hayuning Bangsa, Memayu Hayuning Bawana “. Artinya, apaun yang diperbuat oleh seseorang, hendaknya bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia pada umumnya. Beliau juga mengajak kita semua untuk menjadikan Hari kemerdekaan tahun ini, sebagai momentum percepatan pendidikan Indonesia yang merata dan berkualitas.

 

                                                                                                                                                                # NA #

Close
Close