Berita

MONITORING DAN EVALUASI PENDAMPINGAN SEKOLAH MODEL LPMP SULAWESI SELATAN

Monitoring dan evaluasi (Monev) pendampingan sekolah model merupakan salah satu rangkaian kegiatan seksi Supervisi LPMP Sulawesi Selatan, menurunkan petugas monev untuk melihat aktivitas Fasilitator Daerah (Fasda) dalam melakukan pendampingan ke sekolah model pendampingannya. Tiap kabupaten/kota memiliki empat orang fasda yang berprofesi sebagai pengawas sekolah, tiap fasda memiliki lima sekolah pendampingan jadi untuk tiap kab/kota terdapat 20 (duapuluh) sekolah model.

Seperti diketahui bahwa sekolah model merupakan sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh LPMP Sulawesi Selatan untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain disekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Setelah dilakukan bimbingan teknis terhadap fasda kemudian fasda melakukan bimbingan teknis terhadap lima sekolah pendampingannya. Berikutnya dilakukan monev terhadap duapuluh sekolah model yang melakukan pengimbasan terhadap lima sekolah disekitarnya.

Kegiatan monev pendampingan sekolah model LPMP Sulawesi Selatan dilakukan ke seluruh kab/kota di propinsi Sulawesi Selatan selama tiga hari mulai tanggal 26 s.d. 28 September 2017 secara serentak, dirangkaikan dengan kegiatan pendampingan oleh fasda di sekolah pendampingannya. Petugas monev terdiri dari widyaiswara dan staf LPMP Sulawesi Selatan, membawa instrumen dan melakukan kunjungan ke sekolah model untuk melihat langsung kondisi sekolah baik sudah berjalan dua tahun maupun yang baru bergabung menjadi sekolah model tahun ini.

Kondisi sekolah model di daerah berbeda-beda tingkat capaiannya dalam mengimplementasikan penerapan penjaminan mutu pendidikan, salah satu penyebabnya adalah pencairan dana bantuan pemerintah untuk kegiatan sekolah model yang cair secara bertahap, namun ada pula sekolah yang meskipun dananya belum cair namun tetap melakukan implementasi penjaminan mutu di sekolahnya. Rapor Mutu pada aplikasi penjaminan mutu pendidikan merupakan dasar sekolah dalam mendeteksi kelemahan dan menentukan urutan kepentingan yang harus segera ditangani.

 

                                                                                                            # NA #

Close
Close