Berita

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA LPMP SULAWESI SELATAN

Senin (2/10/17) dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di LPMP Sulawesi Selatan, yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Kejadian pada tanggal 30 September 1965 merupakan peristiwa yang sangat kelam, saat itu PKI melakukan gerakan pengkhianatan yang di sebut G30S PKI bermaksud mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis. Peristiwa ini memakan banyak korban termasuk enam Jenderal dan satu kapten yang bantai dan dimasukkan kedalam sumur tua lubang buaya. Namun aksi mereka tidak bertahan lama diredam oleh gerakan militer republik Indonesia.

 

Seluruh pejabat struktural, fungsional, dan staf LPMP Sulawesi selatan mengikuti upacara dengan hikmat, rangkaian acara pada upacara kali ini tidak ada penaikan bendera merah putih serta pidato atau sambutan seragam dari pemerintah hanya ada tambahan pembacaan ikrar seluruh peserta upacara untuk mempertahan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tanggal 1 Oktober 2017 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Muhadjir Effendy menyampaikan pidato yang disiarkan melalui media televisi dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, beliau menghimbau untuk menjadikan peringatan ini sebagai upaya melestarikan, mendarahdagingkan ke dalam diri setiap anak bangsa dan mengamalkan serta mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Kesaktian Pancasila senantiasa mengingatkan kita atas perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara kita, jangan jadikan pengorbanan mereka sia-sia, sudah menjadi tugas kita sekarang untuk melestarikan dan menanamkan nilai pancasila dengan sungguh-sungguh dalam kehidupan kita sehari-hari.

#NA

Close
Close