Berita

RAPAT PERSIAPAN ANALISIS DATA MUTU UNTUK PENYUSUNAN PROFIL MUTU PENDIDIKAN PROPINSI SULAWESI SELATAN

Jumat, 12 Januari 2018 dilaksanakan rapat persiapan Analisis Data  Mutu di Ruang Rapat lantai 2 LPMP Sulawesi Selatan, dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan staf bidang PSMP LPMP Sulawesi Selatan, dalam rangka membicarakan format dan model informasi yang akan dimunculkan dalam penyusunan Profil Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan tahun 2017.

Profil akan dibuat perkabupaten/kota dan propinsi, berdasarkan data yang diperoleh dari aplikasi Dapodik dan PMP. Data profil tahun 2017 telah dilengkapi untuk 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) tidak seperti tahun 2016 data yang diperoleh  hanya berupa 5 Standar saja. Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Pembiayaan diperoleh dari aplikasi Dapodik yang diinput oleh sekolah, namun terdapat permasalahan pada saat dilakukan sinkronisasi data tersebut di aplikasi PMP. Banyak kehilangan data disebabkan tidak sempurnanya hasil sinkronisasi data di aplikasi PMP, data yang dihasilkan pun tidak lengkap cenderung kosong.

Dr. Mardin mengemukakan bahwa sebaiknya profil kali ini dibuatkan summary atau rangkuman agar pembaca lebih mudah mengetahui isi profil tanpa harus membaca secara keseluruhan halaman profil tersebut. Seharusnya ada rekomendasi yang dibuatkan untuk diajukan ke pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti dalam membangun dunia pendidikan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Dapodik sebagai sentral data pokok sekolah yang diinput oleh sekolah yang dijadikan acuan untuk mengeluarkan dana BOS dan sertifikasi guru sehingga data ini harus diinput secara benar dan lengkap agar menghasilkan data yang valid, ungkap Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd, namun jika aplikasi PMP tidak mendukung (masih banyak kelemahan) pada saat sinkronisasi data dari aplikasi dapodik bisa menyebabkan data tidak valid karena banyaknya data yang hilang. Sebaiknya ke depan aplikasi PMP bisa disempurnakan lagi agar tidak terjadi kehilangan data sehingga bisa menghasilkan data dan informasi yang valid.

 

                                                                                                            # NA #

Close
Close