Berita

SOSIALISASI PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TAHUN 2018

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkedudukan di provinsi dan bertugas untuk membantu pemerintah daerah dalam berbagai upaya penjaminan utu satuan pendidikan untuk mencapai SNP. Untuk itu, LPMP menjalin kemitraan yang baik dengan pihak pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota maupun provinsi untuk bersama-sama melakukan penjaminan mutu pendidikan. Sebagai tahap awal LPMP merumuskannya dalam bentuk kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan tahun anggaran 2018 sebagai salah upaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan program penjaminan mutu pendidikan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dasar kepada pemerintah daerah, provinsi maupun pusat dalam menyusun program-program penjaminan mutu yang tepat sasaran sehingga memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan nyata di lapangan.

 

Kegiatan sosialisasi penjaminan mutu yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 20 s.d. 23 Februari 2018 bertempat di Hotel  Four Points by Sheraton Jl. Landak Baru No. 130 Makassar. Peserta yang diundang  sebanyak 133 orang yang terdiri dari : Kepala Bappeda Kab/Kota sebayak 24 orang, DPRD Komisi Pendidikan sebanyak 24 orang, Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota sebanyak 24 orang, Ketua Dewan Pendidikan Kab/Kota dan Provinsi sebanyak 25 orang, Koordinator Pengawas Provinsi/Kab/Kota sebanyak 25 orang, dan 11 orang dari LPMP Sul-Sel. Sampai kegiatan berakhir peserta yang hadir sebanyak 97 orang, peserta yang tidak hadir pada umumnya berhalangan dan menghadiri acara yang bertepatan dengan kegiatan ini.

 

Narasumber  pada kegiatan ini terdiri dari Kepala LPMP Sul-Sel, Kadis Provinsi, Kejaksaan Tinggi, Polda, DJA, BPK, dan LPMP. Selain sosialisasi penjaminan mutu pendidikan disampaikan juga penguatan pendidikan karakter yang dibawakan oleh Rektor UNM, Ketua PGRI, Bupati Luwu Timur, dan Kepala Sekolah SMPN 23 Makassar.

 

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Didik Suhardi, Ph.D dan ditutup oleh Menteri pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Pada sambutannya, Bapak Muhadjir menyampaikan bahwa undang-undang otonomi yang kurang memahami tentang keterkaitan antar semua instansi, tidak ada kamarnisasi antar instansi di departemen pendidikan, diperlukan sinergitas dan saling tahu antar lembaga dalam mengatasi segala masalah pendidikan di daerahnya. LPMP, LP3TK, Diknas Provinsi, dan lain-lain dibutuhkan kerjasama dan ide kreatif khususnya dari kepala LPMP untuk memikirkan segala permasalahan yang ada di dunia pendidikan di daerahnya.

Diharapkan kepada peserta setelah mengikuti kegiatan ini memahami program-program Penjaminan Mutu Pendidikan terkait penerapan penjaminan mutu pendidikan serta penguatan pendidikan karakter di daerahnya sehingga memperkuat implementasi program penjaminan mutu pendidikan yang berkarakter di daerahnya masing-masing.

 

                                                                                                                                    # NA #

Close
Close