Berita

BIMBINGAN TEKNIS DAPODIKDASMEN TINGKAT PROPINSI

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program Perencanaan Pendidikan Nasional dalam mewujudkan insan indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan. Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanakan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date.

Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) sebagai suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah berjalan selama tujuh tahun. Di usia perjalanan yang relatif muda, Dapodikdasmen sudah dihadapkan pada beberapa program baru, seperti pendidikan berbasis zonasi, e-rapor, dan penjaminan mutu pendidikan. Dalam menindaklanjuti tantangan ini, dapodikdasmen terus berbenah hingga pada awal Februari 2018 telah terbit Dapodikdasmen versi 2018.b.

Dalam pengelolaan Dapodikdasmen ini masih ditemukan berbagai masalah di lapangan. Misalnya, helpdesk Dapodikdasmen measih terpusat di Kemendikbud sehingga kurang dapat menjangkau satuan pendidikan pengguna Dapodikdasmen. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota belum mampu menjawab persoalan seputar Dapodikdasmen di tingkat daerah masing-masing. Berdasarkan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa di setiap Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Indonesia agar ada layanan Unit Layanan Terpadu (ULT) sebagai representasi Kemendikbud yang salah satu tugasnya yaitu sebagai helpdesk Dapodikdasmen.

Untuk itu diperlukan Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Bimtek dapodikdasmen) tingkat Provinsi tahun 2018 agar terjadi kesamaan persepsi dalam mengelola sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah antara LPMP dan Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/Kota sehingga terciptanya koordinasi dan kerjasama dalam mencapai target pendataan yang terintegrasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Kegiatan Bimtek Dapodikdasmen dilaksanakan di LPMP Sulawesi Selatan selama empat hari mulai tanggal 2 s.d. 5 April 2018, yang dihadiri sebanyak 58 orang yang terdiri dari Ketua KK-Datadik dan Operator dapodik diknas Provinsi dan Kabupaten/Kota serta staf LPMP Sulawesi Selatan.

#NA

Close
Close