Berita

MANASIK HAJI PEGAWAI LPMP SULAWESI SELATAN

Sebanyak 4 orang Pegawai LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan manasik haji di Mesjid Baituttarbiyah LPMP Sulawesi Selatan, Jum’at (6/7/2018)

Empat Pegawai LPMP tersebut adalah Dra. Sitti hasanatang, M.Pd. (Kasubag Perencanaan dan Penganggaran), Dr. A. Endang Asriyanti A.S., M.Hum. (Widyaiswara), Yusri Manambung, S.Sos., M.M., (Staf Seksi Dikmen), dan Zainuddin B., S.Sos. (Staf Tata Usaha dan Rumah Tangga).

Kegiatan manasik haji dimulai pukul 14.00 Wita, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh sdr. Masrudi, S.Ag. yang membacakan QS. Al Imran : 97. Sambutan diberikan oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd., beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perekatan kebersamaan diantara kita semua, berbagi kebersamaan dan kebahagiaan, lebih lanjut beliau menyampaikan rasa syukur, in syaa Allah kami mendoakan yang terbaik mulai dari persiapan hingga berakhirnya perjalanan ibadah haji, tuturnya.

Setelah sambutan,  dilanjutkan ceramah manasik yang dibawakan oleh Ketua MUI Kabupaten Gowa, Drs. K.H. Abu Bakar Baka, dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa Haji merangkum aktifitas tertentu yang dilaksanakan pada waktu, tempat dan cara tertentu. Kewajiban haji hanya dilakukan sekali seumur hidup, bila ada seseorang yang melakukan ibadah haji lebih satu kali, maka yang kedua kali hingga seterusnya itu bernilai sunnah.

Lanjut disampaikan bahwa untuk melakukan ibadah haji saat ini kita harus menunggu beberapa tahun bahkan puluhan tahun, oleh karena itu jika seseorang sudah mampu secara finansial untuk melakukan haji maka bersegeralah mendaftar haji, tuturnya sambil mengutip sabda Rasulullah yang artinya “Hendaklah kalian bersegera mengerjakan haji karena sesungguhnya seseorang tidak akan menyadari halangan yang akan merintanginya”. (HR. Ahmad).

Setelah ceramah manasik, dilanjutkan dengan do’a bersama dan permintaan maaf dan doa calon haji kepada semua yang hadir, dengan harapan semoga perjalanan haji nantinya dapat berjalan dengan lancar.

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ 

إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Selamat kepada semua calon haji, semoga mendapat haji mabrur, dan semoga kita yang belum berhaji secepatnya mendapat panggilan-Nya untuk dapat berhaji.

Aamiin ya Rabbal’alamin.

Close
Close