Berita

MONITORING DAN EVALUASI DATA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2018

LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Data Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) tahun 2018 di 24 kab./kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dikoordinir oleh Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 27-29 Agustus 2018 dengan melibatkan 96 orang pegawai LPMP Sulawesi Selatan.

Monitoring dan Evaluasi PMP dilakukan dengan memberikan instrumen monev untuk diisi oleh kepala sekolah, guru, operator sekolah dan siswa dari beberapa sekolah yang menjadi sampel.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi PMP selain untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh satuan pendidikan dalam penginputan dan pengiriman data PMP juga untuk memberikan pengarahan dan pendampingan bagi sekolah yang sampai saat ini belum mengirimkan data PMP.

Beberapa kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam pengiriman data antara lain :

  • Beberapa kepala sekolah bertatus pelaksana tugas (plt) sehingga tidak bisa berproses di aplikasi PMP;
  • Pengiriman data PMP oleh operator status terkirim, tapi diaplikasi status belum terkirim;
  • Layar aplikasi pengisian intrumen terbuka tapi tidak bisa melakukan pengisian;
  • Beberapa sekolah sudah tidak aktif, tetapi masih terdaftar di dapodik; dan
  • Beberapa kendala teknis aplikasi PMP

Berdasarkan progres pengiriman data PMP, saat ini Provinsi Sulawesi Selatan berada di posisi 12 dengan prosentase pengiriman data 86,5%, sehingga diharapkan setiap satuan pendidikan untuk dapat mengirimkan data PMP sesuai dengan kondisi real di sekolah sebelum batas akhir pengiriman data 31 Agustus 2018. Tentunya yang diharapkan adalah bukan hanya kecepatan pengiriman data PMP tetapi yang terpenting adalah kualitas data PMP nya.

Close
Close