Berita

MONITORING DAN SUPERVISI SISTEM PENJAMINAN MUTU EKSTERNAL (SPME) TAHUN 2018

Dalam rangka penerapan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menegah di Provinsi Sulawesi Selatan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Selatan melaksanakan Monitoring dan Supervisi Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Monitoring dan supervisi SPME di laksanakan mulai tanggal 29 September 2018 s.d. 1 Oktober 2018 di 24 Kab./Kota Provinsi Sulawesi Selatan dengan melibatkan 48 pegawai LPMP Sulawesi Selatan untuk melakukan monitoring dan supervisi SPME.

Sistem Penjaminan Mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan SPME dilaksanakan oleh institusi di luar satuan pendidikan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Monitoring dan supervisi SPME dilaksanakan untuk melihat dan mengukur kinerja Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu eksternal (SPME), khususnya melihat progres pelaksanaan, pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan supervisi terhadap satuan pendidikan dalam pengembangan SPMI.

Close
Close