Berita

BIMBINGAN TEKNIS DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR DAN MENEGAH TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHAP 2 TAHUN 2018

Data pokok pendidikan (dapodik) merupakan suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang diperbaharuai secara on line sesuai kebutuhan sekolah paling sedikit 2 kali dalam 1 tahun. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tanggal 17 Agustus 2018 menerbitkan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.

Dalam rangka sosialisasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Selatan melaksanakan Bimtek Dapodikdasmen tahap 2 yang dilaksanakan mulai tanggal 2 s.d. 5 Oktober 2018 di LPMP Sulawesi Selatan.

Narasumber pada kegiatan bimtek ini adalah Tim dari Setditjen Dikdasmen sedangkan peserta adalah Operator Dopodik dan Admin Pengelola BOS Disdik Provinsi Sulawesi Selatan dan Operator Dapodik dan Admin Pengelola BOS Disdik 24 Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan bimtek ini, selain membahas tentang aplikasi dan manajemen dapodikdasmen, juga membahas aplikasi penyaluran BOS, aplikasi dan manajemen RKAS.

 

RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian sampai pengawasan dan pengendalian.

Close
Close