Berita

MONITORING DAN EVALUASI PENGEMBANGAN SEKOLAH MODEL TAHUN 2018

 

Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kab./Kota/Provinsi bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan telah menetapkan sebanyak 480 Sekolah Model di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sekolah model dipilih dari sekolah yang belum memenuhi SNP untuk dibina oleh LPMP bersama sama pemerintah daerah agar dapat menerapkan penjaminan mutu pendidikan di sekolah mereka sebagai upaya untuk memenuhi SNP.

Tujuan pengembangan sekolah model dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan dan atau melampaui SNP serta menciptakan budaya mutu pendidikan di satuan pendidikan. Sekolah model diharapkan menjadi percontohan sekolah berbasis SNP melalui penerapan penjaminan mutu pendidikan (PMP) secara mandari dan melakukan pengimbasan penerapan penerapan PMP kepada sekolah lain hingga seluruh sekolah mampu menerapkan PMP secara mandiri pada tahun 2019.

Sebagai salah satu upaya untuk mengetahui perkembangan sekolah model adalah melalukan monitoring dan evaluasi antara lain adalah proses pendampingan sekolah model oleh fasilitator daerah, Dampak pendampingan yang dilakukan oleh fasilitator daerah, Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Hasil atau dampak Pelaksanaan SPMI. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengembangan sekolah model dilaksanakan untuk mengatahui sejauh mana satuan pendidikan mampu menjalankan siklus PMP, proses pembelajaran berjalan sesuai SNP dan sejauh mana peningkatan mutu hasil belajar yang telah dicapai. 

Monitoring dan evaluasi pengembangan sekolah model dilaksanakan mulai tanggal 23 s.d. 25 Oktober 2018 di 24 Kabupaten Kota, dengan melibatkan sebanyak 48 orang Pegawai LPMP Sulawesi Selatan untuk melakukan monitoring  tersebut.

 

Close
Close