Berita

PENYUSUNAN REKOMENDASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2018

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 15 Desember 2018 di Hotel Remcy Makassar. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Analisis Data Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Kegiatan Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu ini melibatkan 120 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris Dinas dan Koordinator Pengawas Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Koordinator Pengawas, Pengawas SMP dan SD dari 24 Kabupaten/Kota serta Pegawai LPMP Sulawesi Selatan.

Penyusunan rekomendasi peningkatan mutu dilaksanakan dengan tujuan untuk mendukung perencanaan pemenuhan mutu pendidikan di daerah. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, penjelasan teknis dan kerja praktek, seluruh peserta dibagi menjadi 12 kelompok,  di mana setiap kelompok terdiri dari 2 tim kabupaten/kota, dan masing-masing setiap kelompok di damping oleh tim analis data mutu dari LPMP Sulawesi Selatan.

Penyusunan rekomendasi yang dilakukan berkaitan dengan progres peningkatan mutu satuan pendidikan untuk mencapai 8 Standar  Nasional Pendidikan (SNP), di mana terdapat 4 kategori capaian standar nasional pendidikan yaitu, menuju SNP 1, menuju SNP 2, menuju SNP 3, menuju SNP 4, dan SNP.

Pada kegiatan penyusunan rekomendasi ini, ada dua jenis rekomendasi yang harus disusun oleh setiap tim dari masing-masing kab./kota yaitu rekomendasi peningkatan mutu untuk indikator capaian mutu yang masih berada pada kategori menuju SNP 1, 2 dan 3, dan penyusunan rekomendasi pengembangan mutu untuk untuk indikator capaian mutu yang sudah berada pada kategori menuju SNP 4.

Hasil penyusunan rekomendasi peningkatan mutu ini nantinya akan didiseminasikan dihadapan para pejabat daerah pada kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 16 s.d. 18 Desember di Hotel Denpasar, Makassar.

Close
Close