Berita

KUNJUNGAN KERJA KOMISI I DPRD KAB. LUWU UTARA DI LPMP SULAWESI SELATAN

Sebanyak 11 anggota Komisi I DPRD Kabupaten Luwu Utara Jum’at (8/2) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan. Rombongan itu disambut oleh Kepala Bidang Pemetaan dan Supervisi Mutu Pendidikan Bapak Drs. Safaruddin, M.Pd., di Ruang Rapat Utama LPMP Sulawesi Selatan.

Dalam pertemuan tersebut, anggota DPRD yang hadir adalah Ketua Komisi I Ir. Pilosofis Rusli dari Fraksi Gerindra beserta tim yaitu Sudirman Salomba, S.T., Sudirman, S.E., Sarman, S.E., Muh. Nasir Saleng, A.Ma., H. Mustamin Makkasau, H. Rusli Hamid, Hj. Nirwana A. Gasaling, Paulus Palino, Melkyanus dan Megawati, S.E., sedangkan dari pihak LPMP Sulawesi Selatan dihadiri oleh Kabid PSMP Drs. Saparuddin, M.Pd., Kabid FPMP Dra. Hj. Kisdar Kasa, Kasi Pendidikan Menengah Drs. Andi Iskandar dan beberapa orang Widyaiswara, PTP dan Fungsional Umum.

Tujuan kunjungan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Luwu Utara adalah untuk membahas  tentang mutu dan kualitas pendidikan di Kab. Luwu Utara.

Kegiatan diawali dengan diskusi seputar masalah-masalah pendidikan yang dialami di Provinsi Sulawesi Selatan antara lain permasalahan akibat adanya kebijakan tentang sonasi, perlindungan untuk guru, kepedulian guru terhadap pendidikan semakin menurun, kurikulum yang berubah-ubah dan kondisi kekurangan guru di daerah terpencil seperti di Kecamatan Seko dan Rampi Kab. Luwu Utara.

Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan data hasil analisis peta mutu pendidikan Kab. Luwu Utara dimana hasil analisis data PMP menunjukkan bahwa sebagian besar sekolah di Kab. Luwu Utara masih kekurangan dalam hal pemenuhan standar proses terutama dalam penggunaan media pembelajaran, kompetensi guru yang belum sesuai standard an belum dapat memenuhi kompetensi siswa, serta peningkatan kompetensi kepala sekolah, laboran dan pustakawan.

Melalui kesempatan ini pihak LPMP Sulawesi Selatan menyampaikan beberikan beberapa penguatan tentang kebijakan sonasi, sertifikasi guru dan hasil analisis data PMP. Disampaikan juga bahwa LPMP Sulawesi Selatan siap membantu dan bermitra dalam rangka peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di Kab. Luwu Utara.

Close
Close