Berita

Workshop Penatausahaan BMN

Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) merupakan kegiatan yang dimulai dengan proses perencanaan, pengadaan, pencatatan, inventarisasi, revaluasi aset dan diakhiri dengan pertanggungjawaban/pelaporan aset. Dalam pengelolaan BMN terkadang banyak permasalahan yang dihadapi antara lain adalah ketidakjelasan status aset, kurang optimalnya penggunaan aset, pemindahan aset yang tidak diketahui dan lain-lain.

Untuk dapat mengelola BMN dengan baik, diperlukan SDM yang cakap dan terampil serta memiliki wawasan/pengetahuan tentang penatausahaan BMN, oleh karena itu dalam peningkatan kualitas pengeloaan BMN, LPMP Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Workshop Penatausahaan BMN di lingkungan LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan Workshop Penatausahaan BMN dilaksanakan tanggal 18 s.d. 20 Maret 2019 bertempat di Hotel Gammara Makassar, diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari pejabat struktural, pengelola dan pengadministrasi BMN serta pengadministrasi umum, sedangkan narasumber yang terlibat pada kagiatan ini adalah narasumber dari Biro Pendayagunaan dan Penghapusan Dikdasmen, Biro Keuangan Dikdasmen, KPKNL Makassar dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. yang didampingi oleh Kabag Umum dan Kasubag Tata Usaha dan Rumah Tangga. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan beberapa masalah-masalah yang terjadi di LPMP Sulawesi Selatan terkait pengelolaan BMN, dan mengharapkan agar semua peserta mengikuti kegiatan dengan baik dengan harapan bahwa semoga pengelolaan BMN ke depan dapat terlaksana secara tertib, efisien dan efektif, baik dalam hal pengadministrasiannya maupun pengelolaannya

Kegiatan Workshop ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan profesional sumber daya manusia (SDM), khususnya staf administrasi untuk melakukan penatausahaan BMN sesuai ketentuan yang berlaku guna menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Sedangkan hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan workshop ini adalah agar peserta dapat :

  1. Mengetahui teori, prinsip dan teknik administrasi/penatausahaan BMN
  2. Mengetahui cara inventarisasi BMN
  3. Mengetahui tata cara pembukuan mutasi BMN
  4. Mengetahui proses pembukuan pada BMN
  5. Mengetahui pelaporan semester dan tahunan BMN
  6. Mampu melakukan pengklasifikasian dan kodefikasi BMN
  7. Mampu menyusun Laporan Barang Tahunan BMN.

Close
Close