Berita

SOSIALISASI PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN 2019 LPMP SULAWESI SELATAN

Dalam rangka menyelenggarakan fungsi penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang diamanatkan oelh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan No. 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan 2019.

Kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan dilaksanakan mulai tanggal 26 s.d. 28 Maret 2019, bertempat di Hotel Claro Makassar. Peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 196 orang peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BAPPEDA, Kepala BKD, Ketua Komisi Bidang Pendidikan DPRD Ketua PGRI, Ketua Dewan Pendidikan (Provinsi/Kab./Kota), Rektor/Ketua Sekolah Tinggi, Ketua BAN, APSI, FOPPSI, AGUPENA, IGI, TGUPP, UPT Kemendikbud di Provinsi Sulawesi Selatan dan Pegawai LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyampaikan program-program penjamian mutu pendidikan kepada pemerintah daerah provinsi/kab/kota dan instansi yang terkait tentang penerpan penjaminan mutu pendidikan sehingga memperkuat upaya program penjaminan mutu pendidikan di daerah.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bapak Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D. membuka kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang dilaksanakan di Ruang Sandeq Hotel Claro pada pukul 19.30, kemudian materi dilanjutkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Irman Yasin Limpo yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan yang tidak sempat hadir, beliau menyampaikan beberapa masalah-masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan mulai dari peserta didik, guru sampai sarana dan prasarana pendidikan dan diakhiri dengan menyampaikan kebijakan-kebijakan pendidikan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan ini pula, LPMP Sulawesi Selatan mengundang Bupati Luwu Utara Ibu Hj. Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si sebagai narasumber. Dalam pemaparan materinya, beliau menyampaikan beberapa kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara  di bidang pendidikan, beliau juga menyampaikan beberapa best practice yang telah dilakukan dan hal ini banyak mendapatkan apresiasi dari peserta yang hadir.

Materi Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan dilaksanakan di akhir kegiatan di mana Kepala Bidang Pemetaan dan Supervisi Mutu Pendidikan LPMP Sulawesi Selatan Bapak Drs. Saparuddin, M.Pd. yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan beberapa prestasi dan juga kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan proses penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan pro aktif ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan, kritikan dan saran yang disampaikan oleh peserta, yang kesemuanya itu tentunya untuk melihat proses penjaminan mutu di kab/kota mejadi lebih baik.

 

Close
Close