Berita

PENYUSUNAN PETA MUTU DAN PENGOLAHAN DATA MUTU TAHAP 1

Sesuai amanat Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

LPMP Sulawesi Selatan sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di tingkat provinsi, salah satu rangkaian dari kegiatan penjaminan mutu adalah melaksanakan Kegiatan Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan  Data Mutu Tahap 1 yang dilaksanakan oleh LPMP Sulawesi Selatan (8-10/4/2019) di Hotel Gammara Makassar.

   

Jumlah peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari pejabat struktural, widyaiswara, Pengembang teknologi pembelajaran dan fungsional umum LPMP Sulawesi Selatan, sedangkan narasumbernya sebanyak 5 orang dari LPMP Sulawesi Selatan, Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Hasanuddin.

Kegiatan Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan  Data Mutu Tahap 1 ini dibuka langsung oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa “Pertemuan ini akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk penyusunan peta mutu yang lebih baik, kita menghadirkan beberapa nasumber dari pihak eksternal karena kita mencoba untuk mendapatkan informasi yang baru paling tidak bahwa apa yang kita pahami sudah benar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa mari kita bekerja sama sebagai tim untuk melahirkan potret mutu, potret mutu yang dihasilkan melalui penginputan data yang sempurna, pengolahan data dan analisis data yang baik sehingga apa yang nantinya kita suguhkan adalah merupakan data yang valid yang nantinya sedapat mungkin menjadi dasar bagi pemerintah daerah dalam mengabil kebijakan/keputusan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di daerah”

Kegiatan Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan  Data Mutu Tahap 1 ini laksanakan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia LPMP Sulawesi Selatan  dalam melakukan menyusun peta mutu pendidikan di tingkat provinsi, sehingga nantinya diharapkan peserta dapat menyusun peta mutu pendidikan dan rencana peningkatan mutu pendidikan, dapat memahami mekanisme pelaksanaan penyusunan peta mutu dan penyusunan rencana peningkatan mutu pendidikan dan dapat melakukan pengolahan dan analisis data.

Close
Close