Berita

Kegiatan Analisis Data Mutu Tahun 2019

Dalam rangka melaksanakan penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Analisis Data Mutu (25-27/4/2019) di Hotel Remcy Makassar.

Kegiatan Analisis Data Mutu merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah untuk menyebarluaskan informasi dan data tentang peta mutu pendidikan di provinsi Sulawesi Selatan.

Sebanyak 40 orang perserta diundang untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta terdiri dari unsul LPMP Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa, sedangkan narasumber yang terlibat adalah narasumber dari LPMP Sulawesi Selatan dan Narasumber Ahli dari Universitas Negeri Makassar.

Kegiatan Analisis Data Mutu dibuka oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan bahwa kita harus percaya bahwa data Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang telah diinput oleh operator disetiap satuan pendidikan itu adalah data yang benar, karena dalam prosesnya kepala sekolah, operator dan pihak yang terlibat mengisi instrument PMP telah didampingi oleh pengawas sekolah masing-masing, jadi siapa lagi yang percaya data tersebut kalau bukan kita.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini adalah betul-betul proses perubahan, bagaimana kekhawatiran terhadap data PMP dapat diminimalisir untuk menjadi komitmen kita semua sehingga data PMP ini menjadi kebanggaan kita semua dan nantinya dapat menjadi bahan rekomendasi bagi para pengambil kebijakan di setiap daerah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, ujarnya.

Kegiatan Analisis Data Mutu ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan kerja kelompok, beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan ini adalah :

  1. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen
  2. Analisis Data Mutu Pendidikan
  3. Reviu Hasil Pengolahan Data
  4. Penyusunan Outline Dokumen Peta Mutu dan
  5. Rencana Tindak Lanjut

Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok, di mana setiap kelompok melakukan analisis data mutu 24 Kabupaten Kota Provinsi Sulawesi Selatan. Data yang dianalisis merupakan hasil kerja dari kegiatan Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Melalui kegiatan ini LPMP Sulawesi Selatan diharapkan dapat berkontribusi dalam rencana pemenuhan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Close
Close