Berita

Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu Tahun 2019

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di tingkat provinsi telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di satuan pendidikan yang ada di 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satu dari rangkaian kegiatan tersebut adalah Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu yang dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 4 Mei di Hotel Remcy Makassar.

Peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 120 orang peserta yang teridiri dari unsur LPMP Sulawesi Selatan, Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan dan Bappeda 24 Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu merupakan upaya untuk mendukung perencanaan pemenuhan mutu pendidikan di daerah melalui penyusunan rekomendasi rencana peningkatan mutu di daerah berbasis data yang sesuai dengan kondisi nyata di satuan pendidikan dan daerah masing-masing.

 

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Bapak Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan penjaminan mutu pendidikan, mulai dari Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan, Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu, Analisis Data Mutu sampai Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu. Berbagai upaya yang telah dilakukan untuk dapat menyuguhkan potret mutu yang aktual dan valid disetiap satuan pendidikan di masing-masing kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelayanan pendidikan di sekolah tidak dapat berjalan maksimal tanpa ada partisipasi masyarakat, karena pendidikan bukan tanggung jawab sepihak, tapi pendidikan adalah merupakan tanggung jawab bersama termasuk masyarakat,

Kegiatan Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan kerja kelompok, beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan ini adalah :

  1. Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen di Sulawesi Selatan
  2. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen
  3. Review Peta Mutu Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019
  4. Penyusunan Rekomendasi Pemenuhan/Peningkatan Mutu
  5. Diskusi Rencana Tindak Lanjut

Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok, di mana setiap kelompok diberi tugas untuk menyusun rekomendasi pemenuhan/peningkatan mutu sesuai dengan hasil capaian 8 SNP di masing-masing kabupaten/kota, dan hasil dari rekomedasi ini nantinya akan didiseminasikan pada kegiatan Diseminasi Peningkatan Mutu Pendidikan yang merupakan rangkaian terakhir dari rangkaian kegiatan penjaminan mutu pendidikan.

 

 

 

Close
Close