Berita

GEBYAR HARDIKNAS 2019

Hari Pendidikan Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 2 Mei, dan setiap tahunnya peringatan Hari Pendidikan Nasional selalu mengangkat tema yang berbeda-beda, dan tahun 2019 ini Hari Pendidikan Nasional diperingati dengan mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019, seluruh UPT Kemendikbud di Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Gebyar Hardiknas 2019 yang dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d. 24 April 2019, pelaksanaan kegiatan di pusatkan di Benteng Fort Rotterdam Makassar yang juga merupakan kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan.

Kegiatan Gebyar Hardiknas disponsori oleh UPT Kemendikbud di Provinsi Sulawesi Selatan antara lain Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan, BP Paud dan Dikmas Sulawesi Selatan, Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan, Balai Arkeologi Sulawesi Selatan dan LPPPTK KPTK Sulawesi Selatan. Selain UPT Kemendikbud, kegiatan ini juga didukung oleh beberapa dinas pendidikan antara lain Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Kota Makassar, Dinas Kebudayaan Kota Makassar dan beberapa organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam menyemarakkan Gebyar Hardiknas 2019, beberapa kegiatan dilaksanakan antara lain adalah pameran pendidikan dan kebudayaan, bazar buku, seminar pendidikan dan kebudayaan, pertandingan olah raga dan lomba seni.

Pameran

Pameran pendidikan dan kebudayaan dilaksanakan oleh UPT Kemendikbud dan Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi dan kabupaten kota. Dalam pameran ini beberapa program-program unggulan ditawarkan serta informasi dan layanan dari masing-masing peserta pameran. Selain UPT Kemendikbud turut juga ambil bagian beberapa penerbit-penebit buku nasional seperti Gramedia, Yudisthira dll dengan menggelar bazar buku murah.

Penggelaran pameran yang dilaksanakan cukup sukses, ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung serta interaksi pada setiap stand pameran, khususnya di stand pameran LPMP Sulawesi Selatan para pengunjung sangat antusias dengan adanya layanan NUPTK dan layanan instalasi perpustakaan digital secara gratis.

Selain stand pameran, peserta dapat juga mengunjungi beberapa galeri budaya yang ada di Benteng Fort Rotterdam.

 

 

 

Lomba Seni

Lomba seni menampilkan lomba tari tradisional, deklamasi sajak, baca puisi dan menyanyi lagu nasional yang diikuti oleh para siswa siswi sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, juga ada lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti oleh anak-anak PAUD dan sekolah dasar, sedangkan lomba karaoke dan rangking satu diikuti oleh staf dari UPT kemendikbud.

 

Pertandingan Olahraga

Pertandingan olahraga juga dilaksanakan dalam kegiatan gebyar hardiknas ini, sebanyak tujuh UPT Kemendikbud mengambil bagian dalam 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain bola volley, tenis lapangan, tenis meja. bulu tangkis, sepak takraw, senam tobelo, bakiak, lari karung dan egrang.

Dari hasil pertandingan, LPMP Sulawesi Selatan berhasil meriah peringkat ke-1 dengan perolehan medali (6-3-1). Medali emas yang diperoleh diraih dari cari cabang volly putra/putri, bulu tangkis putri, tenis meja putra, lari karung putri dan lomba karaoke putra, peringkat ke-2 diraih oleh LPPPTK-KPTK Gowa dengan perolehan medali (4-4-3), sedangkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan berada diperingkat ke-3 dengan perolehan medali (3-1-6)

 

Upacara Hardiknas

Rangkaian terakhir dari kegiatan Gebyar Hardiknas 2019 adalah pelaksanaan upacara bersama peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019. Tujuh UPT Kemendikbud melaksanakan upacara bersama di Benteng Fort Rotterdam Makassar (BPCB Sulawesi Selatan). Karena cuaca yang kurang mendukung saat itu sehingga pelaksanaan upacara dilaksanakan di Aula Benteng Fort Rotterdam.

Pada kesempatan tersebut Kepala LPMP Sulawesi Selatan Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dihadapan para peserta upacara yang menggunakan baju adat/tradisonal Indonesia khususnya baju adat Sulawesi Selatan.

Setelah kegiatan upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah bagi para pemenang lomba olahraga dan pentas seni. LPMP Sulawesi Selatan sebagai juara bertahan berhasil menjadi juara umum dan kembali memboyong piala bergilir untuk kedua kalinya sejak dimulainya kegiatan tersebut pada tahun 2018 yang lalu.

Close
Close