Berita

BIMBINGAN TEKNIS SUPERVISI PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGKAT PROVINSI SULSEL

Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah merupakan upaya untuk menggerakkan seluruh elemen yang terdiri organisasi, kebijakan dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan dalam kerangka pelaksanaan tugas dan fungsinya melakukan pembinaan yang sistematis dan terarah untuk meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Salah satu dari strategi untuk mengakselerasi penjaminan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan adalah melalui program supervisi penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 19 Mei 2019 di LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan Bimtek Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Provinsi diikuti oleh 3 Kepala Sekolah Model dari setiap kab./kota serta beberapa peserta dari LPMP Sulawesi Selatan, sedangkan narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini adalah narasumber eselon, narasumber pusat dan tim fasilitator nasional.

Bimbingan teknis dibuka oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. didampingi oleh beberapa pejabat struktural eselon III dan IV. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa Penjaminan mutu pendidikan merupakan sebuah siklus yang dimulai dari pemetaan mutu, penyusunan rencana peningkatan mutu, pelaksanaan rencana dan monitoring/evaluasi yang bertujuan untuk mememastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang telah ditetapkan yang merupakan tanggung jawab satuan pendidikan yang harus didukung oleh pemerintah daerah, provinsi, kab./kota sesuai kewenangan masing-masing serta peran serta masyarakat.

Beberapa materi yang disajikan pada kegiatan bimtek ini antara lain :

  1. Kebijakan Kememdikbud 2019
  2. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
  3. Integrasi K-13, PPK, dan Literasi dalam SPMI
  4. Ruang Lingkup dan Mekanisme Supervisi Mutu Pendidikan
  5. Instrumen Supervisi, Metode Analisis, Evaluasi, dan Penyusunan Laporan Hasil Supervisi
  6. Strategi Fasilitasi Bimtek Fasda dan Pengawas
  7. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut Bimtek Pengawas
  8. Panduan Praktek Supervisi

 

Kegiatan bimtek dilaksanakan untuk memberikan informasi dan menyatukan pemahaman tentang supervisi penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah sebagai upaya dalam rangka mendorong dan mempercepat implementasi penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dengan menenrapkan supervisi mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang berbasis standar nasional pendidikan.

Close
Close