Berita

BIMBINGAN TEKNIS FASILITATOR DAERAH SPMI TINGKAT PROVINSI SULSEL 2019

Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan tanggungjawab satuan pendidikan yang harus didukung oleh pemerintah daerah, Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangan masing-masing serta peran serta masyarakat. Pada level Pemerintah Pusat penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri serta instansi terkait lainnya. Pada level Pemerintah Daerah Provinsi dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, LPMP dan Kantor Wilayah Departemen Agama, sedangkan pada level pemerintah daerah Kabupaten/Kota dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota.


Untuk mengoptimalkan pelaksanaan program penjaminan mutu pendidikan, LPMP Sulsel melaksanakan kegiatan bimbingan teknis fasilitator daerah tingkat provinsi. Kegiatan dilaksanakan tanggal 27 s.d 29 Mei  2019 bertempat di Hotel Ramcy  Jl.Boulevard Panakukang Makassar.


Kegiatan oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. didampingi oleh beberapa pejabat struktural eselon III dan IV. Kepala LPMP Sulsel menyampaikan bebebrapa arahan di depan 126 orang peserta yang terdiri Sekretasi Dinas Pendidikan, Kepala Bidang SD dan SMP dari 24 kab.kota, Kasi SMA dan SMK dari 12 cabang dinas dan Pegawai LPMP Sulawesi Selatan.

Beberapa materi yang disajikan pada kegiatan bimtek ini antara lain :

  1. Kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional Tentang Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan
  2. Kebijakan Implementasi SPMP di Sulawesi Selatan
  3. Perlindungan Hukum Profesi Guru dalam Pelaksanaan Tugas di Satuan Pendidikan
  4. Peran Kejaksaan dalam Pengawasan Penggunaan Anggaran Pendidikan
  5. Pemahaman Umum Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan
  6. Peranan Pemerintah Daerah dalam Penjaminan Mutu Pendidikan
  7. Pemahaman dan Pelaksanaan Sistim Penjaminan Mutu Internal
  8. Pengenalan Konsep Sekolah Model
  9. Pengembangan Sekolah Model Sebagai media Implementasi SPMI
  10. Rencana Tindak Lanjut

 

Kegiatan Sosialisasi Sistim Penjaminan Mutu internal  yang dilaksanakan oleh LPMP Sulsel diharapkan memberikan manfaat bagi dinas pendidikan provinsi, kab/kota dan pemerintah daerah terutama bagi satuan pendidikan dalam mengimplementasikan Program Penjaminan Mutu dengan baik, efektif dan efisien di lapangan

Close
Close