Berita

PELAKSANAAN KEGIATAN BIMTEK SUPERVISI PMP 2019

 

Dalam rangka melaksanakan penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan bagi Pengawas Sekolah untuk Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2019.

Kegiatan bimtek dilaksanakan di 24 kab./kota yang dibagi menjadi 4 tahap yaitu :

Tahap 1 : Pelaksanaan tanggal 11 s.d. 13 Juni 2019 di 6 kab./kota (Palopo, Soppeng, Wajo, Toraja Utara, Takalar dan Bulukumba).

Tahap 2 : Pelaksanaan tanggal 15 s.d. 17 Juni 2019 di 6 kab./kota (Makassar, Sinjai, Sidrap, Luwu Utara, Tana Toraja dan Enrekang)

Tahap 3 : Pelaksanaan tanggal 21 s.d. 23 Juni 2019 di 6 kab./kota (Jeneponto, Selayar, Bone, Luwu Timur, Barru dan Maros)

Tahap 4 : Pelaksanaan tanggal 28 s.d. 30 Juni 2019 di 6 kab./kota (Parepare, Pinrang, Luwu, Gowa, Pangkep dan Bantaeng)

Menurut data dari Seksi Supervisi Mutu Pendidikan LPMP Sulawesi Selatan,  jumlah pengawas sekolah yang akan mengikuti kegiatan ini sebanyak 1.331 orang yang terdiri dari 776 Pengawas SD, 321 Pengawas SD dan 244 Pengawas SMA/SMK.

Tujuan pelaksanaan dari kegiatan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan Pengawas terhadap SPMI dan implementasinya serta  integrasi K13, PPK dan Literasi dalam SPMI, menyiapkan Pengawas agar mengusasai Teknik supervisi mutu (implementasi SPMI), dan menyiapkan Pengawas agar memiliki keterampilan supervise mutu pendidikan.

Beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan bimtek antara lain :

  1. Review SPMP dan Program Supervisi Mutu (Pemahaman tentang SPMP dan bimtek supervisi)
  2. Integrasi K13, PPK, dan Literasi dalam SPMI
  3. Ruang Lingkup dan Mekanisme Supervisi Mutu Pendidikan (Managerial dan akademik)
  4. Instrumen Supervisi, Metode Analisis, Evaluasi dan Penyusunan Laporan Hasil Supervisi (Diskusi terhadap bahan yang telah disiapkan oleh tim PMP, Tim K-13, Tim PPK, dan Tim Literasi)
  5. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut Bimtek Pengawas
  6. Panduan Praktek Supervisi (Praktik supervisi yang akan dilaksanakan di sekolah contoh)
  7. Persiapan Laporan Praktik Supervisi (Aplikasi Laporan Praktik Supervisi)

Kepala LPMP Sulawesi Selatan Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. dalam sambutan seragamnya telah disampaikan pada tahap 1,2 dan 3, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Salah satu dari strategi untuk mengakselerasi penjaminan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan adalah melalui program supervisi penjamian mutu pendidikan dasar dan menengah. Pembinaan tersebut dapat dilakukan melalui pelaksanaan supervisi mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah untuk mendorong dan mempercepat pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pembekalan melalui Bimtek ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan teknis tentang supervisi mutu pendidikan dasar dan menengah kepada Pengawas Sekolah pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK, tujuannya adalah agar pengawas dapat melaksanakan perannya sebagai supervisor sehingga dapat melakukan supervisi mutu satuan pendidikan secara efektif untuk melihat ketercapaian pemenuhan mutu berdasarkan 8 SNP pada satuan pendidikan dan sekolah binaannya secara teratur dan sesuai mekanisme.

Close
Close