Berita

DISEMINASI PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN TAHUN 2019

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan melaksanakan Kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 12 Juli 2019 di Hotel Aston Makassar dengan melibatkan 174 orang peserta yang terdiri unsur Bappeda Kab./Kota, Tim Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Dinas Pendidikan Kab./Kota dan provinsi serta pegawai LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan merupakan kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan yang terdapat dalam program sistem penjaminan mutu pendidikan sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi LPMP. Beberapa kegiatan yang dimaksud diantaranya adalah pengisian instrumen sistem penjaminan mutu pendidikan oleh sekolah (SD, SMP, SMA dan SMK) dan, Pengolahan dan Penyusunan Peta Mutu, dan Analisis Data Mutu. Kegiatan ini dilakukan oleh LPMP untuk mendukung perencanaan pemenuhan mutu pendidikan di daerah melalui penyusunan rekomendasi rencana peningkatan mutu di daerah. Melalui kegiatan ini LPMP diharapkan dapat berkontribusi dalam serta rencana pemenuhan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan wilayah dengan sebanyak-banyaknya melibatkan pemangku kepentingan dalam proses penyusunannya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut diawali dengan materi yang dibawakan oleh Satgas PMP Kemendikbud Bapak Dr. Rusjdy Sjakyakirti Arifin, M.Sc. yang menyampaikan materi tentang Evaluasi Pelaksanaan Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2019.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan oleh fasilitator nasional dengan materi Peta Mutu Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 serta Rekomendasi Rencana Pemenuhan/Peningkatan Mutu, selanjutnya dilaksanakan pendampingan setiap tim dari masing-masing kab./kota. Pendampingan dilakukan oleh pegawai LPMP Sulawesi Selatan dalam memberikan informasi dan membaca peta mutu dari hasil analisis yang telah dilakukan, kemudian masing-masing tim dari setiap kab./kota menyusun rekomendasi kegiatan pemenuhan peningkatan mutu pendidikan.

Pada kesempatan itu pula turut hadir bapak Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Bapak Dr. Thamrin Kasman memberikan pengarahan kepada seluruh peserta diseminasi, pengarahan yang disampaikan disambut dengan antusias para peserta dengan melalui beberapa sesi tanya jawab. Sedangkan Ibu Dr. Agnestuti Rumiati M.Sc. yang merupakan satgas PMP Kemendikbud menyampaikan materi Peran dan Tugas Pemerintah Daerah dalam Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di hari ketiga.

Kegiatan diseminasi ini dilaksanakan untuk menyebarluaskan informasi dan data tentang peta mutu pendidikan di Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Selatan, dan dengan dilaksanakannya kegiatan diseminasi ini, diharapkan melahirkan rekomendasi rencana pemenuhan mutu di Provinsi dan kabupaten kota sebagai bahan bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di daerah.

Close
Close