Berita

BIMBINGAN TEKNIS FASILITATOR DAERAH PENGUMPULAN DATA TAHUN 2019

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpulan Data Tahun 2019, yang dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 7 Agustus 2019 di LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Seksi Pemetaan Mutu Pendidikan tersebut melibatkan 72 orang peserta yang terdiri dari 12 orang Kepala UPTD Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, 24 orang Ketua Kelompok Kerja Data Pokok Pendidikan Kab./Kota, 1 Orang Ketua Kelompok Kerja Data Pokok Pendidikan Provinsi dan 35 orang pegawai LPMP Sulawesi Selatan. Sedangkan fasilitator sebanyak 4 orang yang merupakan fasilitator nasional dan 1 orang narasumber pusat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpulan Data merupakan kegiatan awal dalam rangka pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam kegiatan ini peserta diberikan informasi dan metode terkini terkait pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan tahun 2019 antara lain :

  1. Evaluasi Hasil Pemetaan Mutu 2018
  2. Penyempurnaan Sistem Pemetaan Mutu 2019
  3. Instrumen Pemetaan Mutu 2019
  4. Penggunaan Aplikasi Pemetaan Mutu 2019
  5. Penggunaan Aplikasi Supervisi Mutu 2019
  6. Aplikasi Manajemen Pemetaan Mutu
  7. Manajemen Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pemetaan Mutu untuk Pengawas Sekolah
  8. Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyiapkan fasilitator daerah pemetaan mutu agar mampu penggunakan aplikasi pemetaan mutu dan aplikasi terkait lainnya seperti aplikasi supervisi mutu, aplikasi RKAS, dan aplikasi manajemen pemetaan mutu) dalam rangka pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan 2019 di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpulan Data 2019 sangat penting dilakukan agar proses pemetaan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan dapat berjalan lancar, di mana hasil akhir proses pemetaan mutu pendidikan adalah peta mutu pendidikan yang akan diperoleh dari hasil pengumpulan data yang nantinya dilaksanakan di masing-masing kab./kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Close
Close