Berita

BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PENJAMINAN MUTU EKSTERNAL (SPME) TAHUN 2019

Peraturan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidiikan mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan, dimana penjaminan mutu tersebut untuk memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan.

Sejalan dengan hal tersebut, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 28 Tahun 2016 tentang SIstem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah menegaskan bahwa pemerintah daerah dalam melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dibantu oleh Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD)

Menindaklanjuti hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan yang dikoordinir oleh Bidang Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) melaksanakan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) sebagai salah satu upaya pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan.

Kegiatan SPME dilaksanakan mulai tanggal 13 s.d. 16 Agustus 2019 bertempat di Hotel Remcy, Makassar. Kegiatan tersebut melibatkan 164 orang peserta yang terdiri dari Bappeda, Dewan Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pokja Pemetaan Mutu, Pokja Fasilitasi  dan Koordinator Pengawas yang merupakan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Satgas PMP Kemendikbud sebagai narasumber pusat, Kepala LPMP Sulawesi Selatan sebagai narasumber eselon dan 3 orang fasilitator nasional yang merupakan Widyaiswara LPMP Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa materi yang disajikan antara lain:

  1. Peran , fungsi dan pembentukan TPMPD)
  2. Evaluasi pembentukan TPMPD tahun 2018 dan program kerja tahun 2019
  3. Evaluasi dan praktik baik TPMPD
  4. Penguatan peran TPMPD dalam :
  • mengawal pemetaan mutu yang valid
  • memanfaatkan data mutu untuk perencanaan peningkatan mutu pendidikan.
  • mengawal pengimbasan SPMI dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah
  • mengembangkan inovasi dan membangun kerjasama dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di wilayah masing-masing.
  1. Praktik dan presentasi hasil praktik penyusunan program fasilitasi TPMPD
  2. Penyusunan rencana tindak lanjut.

Kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman Tim TPMPD mengenai SPMI, tugas dan kewajiban TPMPD, serta mengembangkan kemampuan TPMPD dalam melaksanakan SPMI serta penerapannya secara berjenjang, dengan harapan Tim TPMPD dapat memaksimalkan perannya dalam memberikan fasilitasi kepada satuan pendidikan untuk menjalankan penjaminan mutu.

Close
Close