Berita

Diseminasi dan Rekomendasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019

Kegiatan Diseminasi dan Rekomendasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Supervisi Mutu Pendidikan sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi LPMP. Beberapa kegiatan yang dimaksud diantaranya adalah Workshop Penyusunan Bahan Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan, Bimtek Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Provinsi, Bimtek Supervisi Mutu Pendidikan Tingkat Kab./Kota, Supervisi Mutu Satuan Pendidikan, dan Analisis Data Supervisi Mutu Pendidikan.

Kegiatan Diseminasi dan Rekomendasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendididkan (LPMP) Sulawesi Selatan pada tanggal 13 s.d. 15 Desember 2019 di Kabupaten Selayar dengan jumlah peserta 150 orang. Peserta yang diundang merupakan utusan dari 24 Kab./Kota terdiri dari unsur Kepala Dinas Pendidikan. Kepala Bappeda, Koordinator Pengawas Sekolah, Ketua Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) dan LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan Diseminasi dan Rekomendasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Selayar tersebut dibuka oleh Asisten III Setda Selayar Bapak Dahlul Malik yang mewakili Bupati Selayar menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Selayar, sehingga sebagian besar peserta yang belum pernah berkunjung ke Kabupaten Selayar dapat menginjakkan kakinya di Kabupaten Selayar ini.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini sangat penting, karena rekomendasi hasil supervisi mutu pendidikan ini dapat dijadikan acuan bagi pengambil keputusan bagi pemerintah daerah dalam perencanaan program peningkatan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

Beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan ini antara lain :

  • Kebijakan Pendidikan Nasional
  • Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan
  • Sistem Penjamian Mutu Pendidikan
  • Program Supervisi Mutu Pendidikan
  • Hasil Analisis SUpervisi Mutu Pendidikan
  • Presentasi Best Practice Supervisi Mutu Pendidikan

Dengan adanya kegiatan Diseminasi dan Rekomendasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan ini semoga informasi dan data tentang hasil supervisi mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan dapat tersebar luas, sehingga nantinya masing-masing Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dapat melakukan perencanaan pemenuhan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.