Berita

LPMP SULAWESI SELATAN DAN KEMENDIKBUD RI PEDULI KORBAN BANJIR BANDANG LUWU UTARA


Di pertengahan bulan Juli, tepatnya Senin malam (13/7/2020) wilayah Masamba Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dilanda banjir bandang. Banjir bandang yang membawa material lumpur tersebut menimbun ratusan rumah warga, bahkan beberapa rumah ikut hanyut akibat banjir bandang tersebut.

 

Untuk meringankan beban dan penderitaan korban banjir bandang di Luwu Utara, berbagai Instansi pemerintah, pihak swasta dan organisasi masyarakat lainnya ramai-ramai menggelar aksi solidaritas kemanusiaan untuk korban banjir Luwu Utara, tidak ketinggalan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan ikut mengirimkan bantuan logistik sebagai bentuk kepedulian kepada korban banjir bandang di Masamba Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

 

Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd. memberikan arahan kepada tim relawan yang akan mengantarkan bantuan logistik ke Luwu Utara, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa “Bantuan yang kita salurkan hari ini merupakan wujud dari kepedulian kita kepada saudara kita yg menjadi korban banjir bandang di Luwu Utara, Terima kasih atas partisipasi bapak/Ibu semua, semoga bermanfaat dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT”

 


Bantuan logistik yang diberikan berupa bahan makanan, pakaian anak-anak, pakaian dewasa, pakaian dalam, perlengkapan sholat, mainan, tikar, perlengkapan mandi, sabun cuci, tissu, bumbu masakan, minyak gosok, telon, kayu putih, balsem, sarung, air mineral, masker, senter, sepatu boot dan sarung tangan. Bantuan Logistik tersebut merupakan donasi yang terkumpul dari pegawai LPMP Sulawesi Selatan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui LPMP Sulawesi Selatan juga mengirimkan bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk siswa yang terdampak banjir bandang di Luwu Utara. Kepala LPMP Sulawesi Selatan yang mewakili Kemendikbud RI menyerahkan bantuan kepada Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si.

 

 


 

Di Lain kesempatan, Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani, S.IP., M.Si. menyampaikan bahwa bantuan dari Kemendikbud ini berupa 2241 paket school kit dan PHBS, 30 set alat permainan edukasi, 6 set tenda kelas, 30 set tenda keluarga, bantuan sosial 500 guru, dan juga dukungan psikososial bagi siswa dan guru.

 

Bupati Luwu Utara menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah dari Kemendikbud RI kepada anak-anak yang terdampak banjir bandang, salah satunya, Yani, Siswi Kelas VIII, SMPN 1 Luwu Utara. Yani bercerita, banjir bandang tidak hanya merusak rumah tempat tinggalnya, akan tetapi juga menghanyutkan buku-buku dan seragam sekolahnya, alhamdulillah, ada bantuan Sehingga Yani dapat tas, seragam, dan perlengkapan sekolah lainnya. Bukan hanya Yani, tapi siswa SD, SMP, maupun SMA/SMK yang terdampak banjir juga akan mendapat bantuan yang sama.

 

Terima kasih dari kami, Pemda dan masyarakat Luwu Utara atas bantuan yang sampai hari ini terus mengalir, bukan hanya logistik, tapi juga untuk sektor pendidikan sebagai layanan dasar untuk masyarakat. Ini menjadi komitmen kita bahwa di tengah kondisi yang sulit, pelayanan tidak berhenti, bahkan harus terus kita genjot, terang Bupati Indah, yang juga memakaikan masker untuk para siswa sebelum menyerahkan bantuan secara simbolis kepada siswa didampingi Kadis Pendidikan Luwu Utara, Jasrum.