Buletin

Jurnal Ilmu Kependidikan Vol.13 No. 2

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyajikan artikel dalam Jurnal Ilmu Kependidikan yang diterbitkan oleh LPMP Sulawesi Selatan.


Jurnal Ilmu Kependidikan LPMP Sulawesi Selatan nomor ISSN 1829-569X terbit secara berkala setiap tahun. Terbitan kedua di tahun 2020 dengan Volume 13, No.2 Edisi Desember 2020 merupakan media bagi Guru, Pengawas, Kepala Sekolah dan Widyaiswara untuk mengembangkan ide kreatif berupa karya ilmiah baik hasil penelitian maupun karya ilmiah hasil pemikiran/kajian ilmiah.


Dalam Jurnal Ilmu Kependidikan ini, disajikan sebelas artikel yang isinya merangkum pemikiran tentang upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kesebelas artikel tersebut adalah (1) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 5, (2) Peningkatan Keterampilan Mendiagnosis Kulit Kepala dan Rambut Melalui Metode Demonstrasi Peserta Diklat Sertifikasi Kompetensi Khusus bagi Instruktur Tata Kecantikan SLB, (3) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode PQ4R dengan Menggunakan Prinsip Elaborasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (4) Penggunaan Media Lingkungan dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 30 Makassar, (5) Capaian 8 Standar Nasional Pendidikan Kabupaten Sinjai pada Jenjang Sekolah Dasar (SD) Tahun 2019, (6) Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidik Melalui Supervisi Akademik Individual di SMP Angkasa Mandai Kabupaten Maros, (7) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Barru, (8) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Talking Stik di Kelas IX-3 SMP Negeri 1 Mallusetasi, (9 Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Solusi Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Bahasa Indonesia, (10) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penilaian unjuk Kerja Peserta Didik Kelas VIII-7 SMP Negeri 4 Makassar, (11) Efektivitas Rapat Evaluasi Kepala Sekolah Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid 19.


Semoga artikel yang dimuat dalam Jurnal Ilmu Kependidikan ini memberikan manfaat kepada para pembaca. Dengan demikian, akan berkontribusi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di tanah air.

Download File