Buletin

Jurnal Ilmu Kependidikan Vol.13 No.1

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyajikan artikel dalam Jurnal Ilmu Kependidikan yang diterbitkan oleh LPMP Sulawesi Selatan. 

Jurnal Ilmu Kependidikan Volume 13 No. 1 Edisi Juli 2020 merupakan media bagi Guru, Pengawas, Kepala Sekolah, Widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Fungsional Ahli lainnya untuk mengembangkan ide kreatif berupa karya ilmiah baik hasil penelitian maupun karya ilmiah hasil pemikiran/kajian ilmiah. 

Karya tulis ilmiah yang dimuat pada edisi ini, merupakan hasil pemikiran tentang berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Artikel ilmiah yang dimuat pada edisi ini diantaranya adalah (1) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Gorontalo, (2) Capaian Mutu Standar Nasional Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Bulukumba, (3) Peranan Pendampingan Widyaiswara dan Pengawas Pembina dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Provinsi Gorontalo, (4) Penyuntingan Naskah Artikel sebelum Dipublikasikan, (5) Pemanfaatan Game Edukasi dalam Mengajarkan Tata Cara Berwudhu, (6) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris melalui Penilaian Autentik pada Siswa Kelas VII SMPN 6 Makassar, (7) Implementasi Penilaian High Order Thingking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA, (8) Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui Metode In House Training di SMKN 2 Barru, (9) Pelaksanaan Supervisi Mutu Pendidikan oleh Pengawas Sekolah dan Dampaknya terhadap Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Provinsi Sulawesi Selatan, (10) Efektivitas Pembelajaran Daring pada Kegiatan Belajar dari Rumah selama Masa Pendemi Covid-19, (11) Pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan di Kota Palopo pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018 dan (12) Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP dan Bahan Ajar (LKS) yang Berbasis Masalah Guru Matematika SMA Negeri 3 Barru. 

Diharapkan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh LPMP Sulawesi Selatan dapat menunjang pengembangan karir dan keprofesionalan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di lingkungan Kemendikbud. Pembaca dapat mengunduh Jurnal Ilmu Kependidikan melalui laman https://lpmpsulsel.kemdikbud.go.id/ 

Semoga artikel yang dimuat dalam Jurnal Ilmu Kependidikan ini memberikan manfaat kepada para pembaca, sehingga dapat memberi konstribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di tanah air

Download File